Sabtu, 16 Juli 2016

Profil Guru : Mustopa,S.Pd



Biographi singkat


Saya adalah laki-laki asli keturunan Serang, Banten putera pasangan  Bapak Masbilal ( 69 ) dan Ibu Murtilah ( 60 ). Masa kecil saya tinggal di Serang, di sebuah kampung  yang penduduknya berprofesi sebagai Petani dan buruh kasar pembuat batu bata, namun sayang kampung tersebut sudah dijadikan pabrik oleh PT. Indah Kiat. Sekarang  Orang tua saya tinggal tidak jauh dari kampung semula sekitar 6 KM, yang lebih dekat 200 meter dari jalan Raya Serang-Jakarta. Ketika SD saya adalah satu-satunya siswa yang diterima di SMP favorit waktu itu, ya SMPN 1 Kragilan. Sejak SMP saya gemar baca tulis, setiap buku pelajaran yang ada saya baca sampai habis, dan yang termasuk rajin ke Perpustakaan sekolah. Maklum dari keluarga yang kurang berada, jadi tidak setiap hari jajan  dan Jajan pun tidak lebih dari Rp. 500.

Karena senangnya membaca dan menghafal di kelas 3 waktu itu saya disuruh oleh Pak Asep Kartono guru IPS untuk menghafalkan 100 negara beserta Ibukota dan mata uangnya. Dan waktunya hanya sekitar 30 menit, dan pada saat beliau kembali menanyakan siapa saja yang sudah hafal, saya langsung mengacungkan tangan waktu itu. Kemudian saya langsung dites di depan kelas, dan dinyatakan lulus tapi gara-gara itu saya harus mengetes semua siswa satu kelas juga. Cara mendidik guru waktu itu cukup keras, karena kekurangan buku paket dan jarangnya mesin photo kopi, kami disuruh mencatat satu buku paket. Dalam waktu 2 minggu harus selesai. Sedangkan buku paketnya tebalnya luar biasa, sampai waktu yang ditentukan ada beberapa halaman yang belum diselesaikan. Sehingga kami mendapatkan hukuman push up sampai seratus kali, badan serasa dipukul dengan godam waktu itu.

Di sekolah itu saya tidak aktif di Organisasi maupun ekstrakuler karena sepulang sekolah harus membantu orang tua, bisa dengan mencari uang tambahan untuk jajan atau membajak di sawah dengan cangkul. Dengan wasilah tani itu juga saya bisa melanjutkan ke STM atau SMKN 2 Serang. Saya adalah anak pertama yang melanjutkan di tingkat STM negeri dan satu-satunya di kampung saya waktu itu.

Di STM saya takjub dengan kecerdasan orang-orang kota, tapi bukan membuat saya gentar malah bersemangat untuk menjadi yang terbaik. Saya yakin bisa menjadi yang terbaik di sekolah ini, karena waktu lulus dari SMP saya masuk 10 besar urutan 6 dengan nilai rata-rata 6.5. Dan benar saja saya masuk di STM di kelas unggulan yaitu Teknik Mesin 1. Di sini saya ikut organisasi OSIS dan Paskibra, dan juga ikut Kursus Bahasa Inggris, Komputer dan Las. Ibarat orang habis sakit kemudian kelaparan dan ingin makan banyak dan melahap yang ada, itulah kondisi Saya belajar dulu. Saya berangkat dari rumah pukul 5.30 dan selesai dari sekolah jam 13.30, selepas itu saya mengikuti latihan Paskibra dari jam 14.00 sampai dengan jam 15.00, sekitar ba’da ashar jam 15.30 saya mengikuti Kursus Bahasa Inggris sampai pukul 17.00, saya pulang sekitar 17.30 dan sampai rumah pukul 18.30. Dan itu rutin dilakukan sampai satu tahun.

Dan uang kursus adalah hasil saya menabung atau kadang harus mencari tambahan pada hari Sabtu atau minggunya. Saya kursus Bahasa Inggris selama 6 bulan, dan computer selama 3 bulan, sedangkan untuk kursus las karena alasan waktu dan keuangan saya tidak lanjutkan. Di kursus bahasa inggris itu saya mendapatkan  nilai terbaik dan sempat ikut Test TOEIC ( Test of English for Internasional Communication ) dua tahun berturut-turut dari tahun 2001 sampai 2002. Dan sempat akan dikirim ke Malaysia untuk pertukaran pelajar, sayang kondisi Negara sedang konflik dengan Malaysa kala itu. Dan untuk kegiatan Paskibra saya terpilih mewakili Sekolah untuk menjadi PASKIBRAKA pada tingkat Provinsi Banten, pada pengibaran Bendera Merah putih pertama Provinsi Banten tahun 2001. Selama pendidikan sungguh pengalaman berharga saya dapatkan. Ketika pertama kali tes saya harus mengerjakan soal sebanyak 200  dalam waktu 2 jam. Itulah kali pertama mengerjakan soal paling banyak dengan waktu yang sedikit.

PASKIBRAKA BANTEN Tahun 2001

Saya lulus SMK pada tahun 2003, tapi kuliah pada tahun 2004, karena orang tua sudah tidak sanggup lagi membiayai saya untuk melanjutkan ke tingkat kuliah. Saya sempat ikut ujian tes masuk Mahasiswa Untirta Jurusan Teknik Mesin dan lulus serta diterima, tapi tak ayal hanya keinginan saja yang bergejolak tapi kondisinya tidak memungkinkan waktu itu. Saya juga sempat mengajukan ke orang tua untuk ikut tes Polisi dan AKABRI, tapi orang tua juga menolaknya mentah-mentah dengan alasan keamanan karena waktu itu sedang gencarnya GAM ( Gerakan Aceh Merdeka ). Saya hanya mengangguk dan meminta doanya agar saya bisa tetap berkuliah, harapan untuk kuliah tidak pernah putus.

Saya aktif melatih Paskibra di Sekolah ku dulu, agar saya tidak menganggur dan paling tidak suka menganggur saya menawarkan diri ke Pembina OSIS waktu itu untuk berjualan. Tapi hanya bisa berjualan ES POP ICE yang modalnya adalah milik OSIS, upah perharinya Rp. 10.000, saya tidak kepikiran untuk bekerja di perusahaan, yang dibenak saya adalah kuliah. Jadi lebih menikmati menjadi pelatih paskibra dan penjual ES saja. Setahun berlalu, ketika itu kepala sekolah tertarik dengan ketekunan saya dalam mendidik anak-anak, sehingga saya disuruh mengajar pada tahun Ajaran 2004/2005. Berbekal kursus bahasa Inggris saya mengajar Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia sebanyak 4 kelas.

Lomba PBB tahun 2003



Lomba PBB tingkat Provinsi Banten tahun 2003

Dan kabar yang paling menggembirakan adalah saya bisa kuliah di STKIP SIliwangi ekstensi Banten tempatnya di SMPN 4 Kota Serang. Saya mengambil Jurusan Pendidikan dan Sastra Bahasa Inggris. Sejak kuliah saya ikut aktif di BEM dan juga melanjutkan kursus Bahasa Inggeris hingga pase Advance dan Tralnslation ( menerjemahkan ). Pada tahun 2005 saya diajak oleh teman kuliah untuk bekerja di Perusahaan suaminya yaitu PT. Dharma Polimetal, dan pada tahun itu juga saya resign dari sekolah dan pelatih Paskibra. Dan keputusan itu saya ambil karena alasan keuangan juga, pada tahun 2007 sekolah ekstensi dilarang oleh pemerintah hingga kami harus pindah ke Bandung tepatnya di Cimahi, dan pada tahun itu juga saya menikah dengan seorang Guru Mts Al-Battani Esih Sukaesih, kami kuliah sebulan 4 kali dan harus bolak- balik Serang –Bandung selama satu tahun hingga lulus.
Pada tahun 2008 saya lulus dengan predikat Sangat memuaskan IP nya 3.23 dan pada Tahun 2009 saya di Wisuda. Pada tahun 2008 saya masuk mengajar di MTs AL-Battani Sepang menggantikan istri saya yang waktu itu menjadi CPNS untuk SMP di Kota Serang.

Berikut Riwayat Hidup saya :
  1.     Personal Data

Nama                              :        Mustopa,S.Pd
TTL                                 :        Serang, 3 Januari 1984
Agama                             :        Islam
Email                               :        mustopa09@gmail.com
Facebook                         :        www.facebook.com/mustopa.zain
Twitter                             :        www.twitter.com/tofazain atau @tofazain
Blog                                 :        www.guratanmakna.blogspot.com
                                                 www.nuhunsugih.blogspot.com
                                                 www.mtsalbattanisepang.blogspot.com
Alamat                            :        Komp. Prima Sepang Permai Blok D2/09, RT/RW 04/01, Ds. Sepang. Taktakan

2. Pendidikan   
  

  • Perguruan Tinggi               :    STKIP SILIWANGI Bandung, IPK 3.23 lulus tahun 2008
  • Sekolah Mengengah Atas  :    SMKN 2 Serang Teknik Mesin, Lulus tahun 2003
  • Sekolah Menengah Pertama : SMP N 1 Kragilan, Lulus tahun 2000,
  • Sekolah Dasar                    :   SD N 4 Kragilan Lulus tahun 1997.

3. Kursus dan pendidikan Informal

                                      2005
English Translation Private (Good/ Distinct Result), in Serang
                                      2005
                   English Conversation Private (  Good / Distinct Result ), in Serang                         
   2003
                   English Teknos Private, In serang
                                      2003
                    Computer private ( Excel, Word, Auto Cad )   
                             
4. Pengalaman Kerja


  • Guru Bahasa Inggris di SMPN 1 Kragilan tahun 2004-2005
  • Guru MTs Al-Battani Sepang tahun 2008 s/d Sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi Para Guru, Siswa dan Alumni serta yang peduli pendidikan silahkan bagikan ke Facebook, Twitter, Google Plus ataupun media sosial lainnya.